A S S A L A M U A L A I K U M_A N D_W E L C O M E _ T O _ M Y _ B L O G _:)

Topologi Jaringan Dan Kelebihan Kekurangannya


Topologi Bus serta kelebihan dan kekurangnya 



Pada topologi Bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di
mana seluruh workstation dan server dihubungkan.
Karakteristik dari topologi bus adalah sebagai berikut :
  1. Merupakan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup, dimana sepanjang kabel terdapat node-node
  2.  Umum digunakan karena sederhana dalam instalasi
  3.  Signal melewati kabel dalam dua arah dan mungkin terjadi collision
  4. Problem terbesar pada saat kabel putus. Jika salah satu segmen kabel putus, maka seluruh jaringan akan terhenti. 


Keuntungan
§   Hemat kabel
§   Layout kabel sederhana
§  Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat  dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstationlain
Kerugian
§  Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
§  Kepadatan lalu lintas pada jalur utama
§  Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami Gangguan Diperlukan repeater untuk jarak jauh

Topologi ring serta kelebihan dan kekurangannya 

Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain, bila alamat-alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan.

karakteristik dari topologi ring adalah sebagai berikut :
  1. Lingkaran tertutup yang berisi node-node.
  2. Sederhana dalam layout
  3.  Signal mengalir dalam satu arah, sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision
  4.   Problem sama dengan topologi bus


Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu.
Keunggulan topologi Ring adalah tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi Bus, karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat.

Topolgi star serta kelebihan dan kekurangannya 

Pada topologi Star, masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau HUB. Keunggulan dari topologi tipe Star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. Dan juga bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server, jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan. Kelemahan dari topologi Star adalah kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya.

Karakteristik dari topologi star adalah sebagai berikut :
  1. Setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, trafficdata mengalir dari node ke central node dan kembali lagi
  2.  Mudah dikembangkan, karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node


Keuntungan
§  · Paling fleksibel
§  · Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu
        bagian jaringan lain
§  · Kontrol terpusat
§  · Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan
        jaringan

Kerugian
§  · Boros kabel
§  · Perlu penanganan khusus
§  · Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

Topolgi tree serta kelebihan dan kekurangannya 


Merupakan hasil dari gabungan topologi bus dan star yang bentuknya seperti pohon bercabang. Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7. sendiri.

Kelebihan :
Dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan.
Kelemahan :
Apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.

Topolgi Mesh serta kelebihan dan kekurangannya 



Topologi Mesh adalah topologi yang dibangun dengan memasang linkdiantara station-station. Jaringan yang dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk diimplementasikan. 




0 komentar:

Posting Komentar

 
DESIGN TEMPLATE BY ARIO NASIS